Karimunjawa sempat dijuluki Caribban  Van Java pada era colonial dulu. Pulau karimunjawa adalah kepulauan laut jawa yang termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan 1.500 hektare dan perairan 110.000 hektare, Karimunjawa menjadi salah satu wisata taman laut yang banyak digemari.

Berdasarkan  legenda yang beredar di kepualuan, pulau karimunjawa ditemukan oleh sunan muria. Legenda berkisah tentang Sunan Muria yang prihatin atas kenakalan putranya, Amir Hasan. Dengan maksud mendidik, Sunan Muria kemudian memerintahkan putranya untuk pergi ke sebuah pulau yang nampak “kremun-kremun” (kabur) dari puncak Gunung Muria agar si anak dapat memperdalam dan mengembangkan ilmu agamanya. Karena tampak “kremun-kremun”  dari jawa maka dinamakanlah pulau tersebut Pulau Karimunjawa

Sejak 15 Maret 2001, Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah sebagai taman nasional dan dikelola oleh Balai Taman Nasional Karimunjawa kementrian Lingkungan  Hidup dan Kehutanan. Menjadi ekosistem asli bagi hampir 400 spesies fauna laut dengan ragam ikan hias dan terumbu karang, bahkan  fauna langka juga ada yang menghuni Taman Nasional Karimunjawa dan terdapat Kawasan hutan mangrove.

Di Karimunjawa terdapat 5 pulau yang berpenghuni oleh mereka yang berasal dari beragam suku yaitu suku Jawa, Bugis, Madura, Bajo, Buton dan Mandar yang hidup secara turun temurun. Karimunjawa baru dialiri listrik sejak 2016 sudah dapat diakses selama 24 jam. Sebelumnyaaliran listrik di kaswasan ini hanya berfungsi selama 12 hingga 18 jam. Meskipun demikian, aliran listrik 24 jam ini baru mengakomodir 2 dari 5 pulau yang berpenghuni.

Sekarang banyak Wisata Karimunjawa yang memfasilitasi anda untuk berwisata di Pulau Karimunjawa. Tidak usah ragu dengan pulau kecil ini karena dibalik pulau ini banyak surga-surga tersembunyi yang ada di pulau tersebut.