Berjalan di tengah hamparan pasir putih dan indahnya biru laut bisa menjadi obat yang paling ampuh untuk beristirahat dari hiruk pikuk dunia. Indahnya pemandangannya mampu meningkatkan vitamin sea kita sehingga energi kita akan lebih ter-recharge. Apakah kamu sudah pernah mendengar sebuah pulau di bagian utara jawa tepatnya dekat dengan ibu kita Kartini yang Bernama Pulau Karimunjawa. Ternyata oh ternyata, pulau ini menyimpan banyak keunikan diantaranya kami tim ecotour menyiapkan 7 fakta unik mengenai Pulau Karimunjawa yang banyak belum diketahui banyak orang.

1. Rumah dari 3 fauna langka

Memiliki fauna langka dapat dijadikan kebanggan sendiri bagi Karimunjawa. Karimunjawa tidak hanya menjadi rumah bagi 1 fauna langka di Indonesia, tetapi 3 fauna langka yaitu elang laut dada putih, penyu hijau, dan penyu bersisik. Jika kamu bisa menemukan 3 fauna ini maka bisa dikatakan kamu adalah manusia paling beruntung karena fauna ini hanya bisa ditemukan di Karimunjawa. Untuk mendukung upaya pelestarian penyu hijau dan penyu bersisik, pengelola menyediakan tempat penetasan telur penyu semi alami di sekitar pantai.

2. Terdapat 27 Pulau namun hanya 5 pulau yang berpenghuni

Karimunjawa dikenal sebagai daerah kepulauan. Beberapa data mengatakan bahwa Karimunjawa memiliki 27 pulau, namun hanya 5 pulau yang berpenghuni. Kelima pulau berpenghuni tersebut diantaranya Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, Pulau Kemujan, Pulau Parang, dan Pulau Genting. Dari 27 pulau tersebut, 22 diantaranya adalah yang termasuk dalam Taman Nasional Karimunjawa. Lalu apakah ada pulau kosong disana? Kami survey dahulu yaa.

3. Jumlah penduduk belum banyak, kurang dari 10 ribu jiwa

Berdasarkan data, terdapat 5 pulau berpenghuni di Karimunjawa. Namun oh namun, jika ditotal penghuninya secara keseluruhan ternyata jumlahnya tidak mencapai 10 ribu jiwa. Sangat berbeda jauh bukan dengan penduduk di Jawa yang padat merayap (kurang lebih 145 juta jiwa). Berdasarkan sensus tahun 2017, penduduk Karimunjawa hanya mencapai 9.514 orang saja.

4. Baru dialiri listrik sejak 2016

Jika kamu ingin berlibur ke Karimunjawa, pasti salah satu yang kamu pikirkan adalah “asupan listrik disana ada gak ya?”. Dan jawabannya… Di tahun 2023 ini Karimunjawa sudah memiliki asupan listrik karena sudah dialiri listrik sejak tahun 2016. Meski jauh dari perkotaan dan berada ditengah hamparan laut, kamu tetap bisa mencharge handphonemu untuk mengabadikan momen di Karimunjawa. Aliran listrik yang lebih memadai ini mendukung pertumbuhan ekonomi warga setempat pula. Makin banyak hotel atau penginapan yang didirikan di Karimunjawa dan tentunya, semakin menarik wisatawan untuk berlibur di sini.

5. Akses menuju Karimunjawa semakin berkembang

Selain kemudahan mendapatkan aliran listrik, perkembangan Karimunjawa juga terlihat dari kemajuan aksesnya yang semakin mudah. Akses yang lebih mudah dan biaya liburan yang terjangkau apalagi Bersama ecotour bisa menjadi pilihan terbaik untuk menghabiskan masa liburanmu. Kamu bisa berangkat ke Semarang (menggunakan kereta / pesawat) lalu menuju Pantai Kartini Jepara. Lalu bisa dilanjut naik kapal untuk menyeberang lautan kurang lebih 4 – 5 jam.

6. Ada yang “Gosong”

Kaget gak sih dengan konotasi gosong? Apa yang gosong di Karimunjawa yang cantik itu. Bukan makanan dan bukan masakan yang gosong tetapi pulau gosong. Terdapat pulau bernama Pulau Gosong dimana pulau tersebut terdapat timbunan pasir yang terdapat di tengah laut dan akhirnya membentuk pulau kecil. Di Karimunjawa, Pulau Gosong adalah hal yang umum ditemukan dan menjadi salah satu destinasi menarik pagi para wisatawan.

7. Indonesia Rasa Caribbean Sea

Memiliki julukan Caribbean van Java sepertinya cocok untuk Karimunjawa karena pemandangan yang disertai hamparan pasir putih dan air laut biru yang amat jernih tidak kalah dengan pantai-pantai di luar negeri seperti di Maladewa atau di Karibia.

Nah itu dia, 7 fakta unik mengenai Karimunjawa yang jarang orang banyak ketahui. Gimana apakah sobat ecotour sudah tahu mengenai fakta unik Karimunjawa.Apakah kalian tertarik untuk berlibur ke Karimunjawa? Supaya liburan Karimunjawa lebih asyik dan mudah, hubungi Ecotour dan jadwalkan liburanmu Bersama ecotour di https://ecotourtravel.id/