Karimunjawa adalah kepulauan di laut jawa yang termasuk dalam kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektar dan perairan ±110.000 hektar, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata taman laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.

Berikut adalah fakta-fakta mengenai Karimunjawa yang harus anda tahu :

  • Telah ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak 15 Maret 2001.

Karimunjawa ditetapkan oleh pemerintah Jepara sebagai Taman Nasional. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat disini adalah Elang Laut Dada Putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

Karena terhitung masih baru, maka ekosistem di Kepulauan Karimunjawa masih sangat terjaga. Sehingga memungkinkan para wisatawan untuk merasakan keindahan alam yang sebenarnya.

  • Memiliki 22 Pulau yang masih belum berpenghuni.

Karimunjawa total memiliki 27 pulau, namun baru 5 pulau yang berpenghuni yaitu Pulau Karimunjawa, Pulau  Kemujan , Pulau  Nyamuk , Pulau Parang , dan Pulau  Genting. Hal ini  menunjukkan bahwa Kepulauan Karimunjawa memang benar-benar masih sangat “Untouchable”.

Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena mereka dapat menikmati wisata karimunjawa dengan sangat private dan nyaman, karena belum banyak orang yang meng-eksplor keindahan alamnya. Sehingga dapat memberikan feel yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Bayangkan betapa nikmatnya mengagumi keindahan alam dengan nyaman dan tidak banyak di eksplor oleh orang lain. Para wisatawan  akan serasa memiliki pulau sendiri.

  • Dihuni oleh 3 suku berbeda.

Karimunjawa berpenduduk lebih dari 10.100.000 jiwa di lima pulau yang berpenghuni. Tiga suku utama yang menghuni Karimunjawa adalah suku Jawa yang bertani dan memproduksi alat kebutuhan rumah tangga, suku Bugis yang adalah pelaut andal sehingga berprofesi sebagai nelayan, dan suku Madura yang juga berprofesi sebagai nelayan tetapi memiliki kelebihan membuat ikan kering.

Hal ini membuat adanya keragaman budaya dan kesenian, selain itu suasana yang sangat unik karena para wisatawan karimunjawa dapat berinteraksi dengan 3 suku di Indonesia dalam satu tempat sekaligus.

  • Dijuluki sebagai Carribean Van Java oleh Pemerintah Belanda.

Karimunjawa memiliki keindahan seperti di Karibia. mempunyai kesamaan lain dengan Karibia yaitu terdiri dari beberapa pulau kecil, dan banyak spot wisata alam yang menakjubkan.  oleh karena itu Belanda memberi julukan sebagai Caribbean van Java.

  • Musim terbaik berkunjung ke Karimunjawa adalah bulan Maret sampai November

Musim yang baik wisata ke Karimunjawa adalah bulan maret sampai dengan November. Pada bulan tersebut, cuaca sangat mendukung di mana angin tidak terlalu kencang serta ombak tak terlalu tinggi. Sehingga para wisatawan dapat menikmati keindahan Karimunjawa dengan sangat puas karena cuaca yang cerah, dan sangat cocok untuk melakukan Snorkeling dan Diving.

Beberapa fakta diatas tentang Karimunjawa dan keindahannya adalah karunia Tuhan yang seharusnya dipertahankan dilestarikan agar wisata ke Karimunjawa senantiasa mendatangkan banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.